KESAN PERTAMA KOTA MUARA TEWEH…

Image

Muara Teweh merupakan nama dari ibu kota Kabupaten Barito Utara Provinsi Kalimantan Tengah. Saya menggolongkan kota ini pada golongan kota yang dijuluki “City in the Jungle”, karena perjalanan menuju kota ini harus melewati hutan Kalimantan Tengah yang sangat luas. Saya, ketika pertama kali datang kesini tidak menyangka bahwa ternyata kota ini berbentuk sedemikian rupa sehingga, maksud saya setelah masuk ke dalam kota anda tidak akan merasakan lagi bahwa untuk mencapai kota ini, saya telah melewati hutan dan jalan yang naik turun dan berliku. Karena semua sudah terbayarkan dengan melihat kondisi kota ini. Kurang lebih itulah yang saya rasakan saat pertama kali menginjakkan kaki di kota ini, dengan perasaan underestimate yang telah saya bentuk selama dalam perjalanan, saya betul-betul tidak menyangka bahwa ternyata disini ada lampu jalan lo…tidak banyak Kabupaten yang serapi ini tata kotanya.

Barito Utara merupakan salah satu kabupaten induk di Provinsi Kalimantan Tengah, tergolong kota tua juga dan merupakan pecahan dari Kabupaten Barito Selatan. Jadi wajar jika tata kotanya sudah terhitung matang. Barito Utara memiliki 6 Kecamatan (Data Tahun 2011) yang terdiri dari Montallat, Gunung Timang, Gunung Purei, Teweh Timur, Teweh Tengah dan Lahei yang masing-masing punya desa pusat pemerintahan kecamatan (ibu kota kecamatan) sendiri-sendiri. Sekedar informasi bahwa di Kalimantan Tengah ini, kebanyakan nama ibu kotanya dibuat khas dan tidak sama dengan nama kabupatennya. Lain halnya dengan di Jawa, iya to? Kreatif yak mereka….misalnya aja ibu kota Kabupaten Barito Utara ini kan namanya Kota Muara Teweh, trus Kabupaten Murung Raya ; Puruk Cahu, Kabupaten Barito Selatan ; Buntok, Kabupaten Seruyan ; Kuala Pembuang, Gunung Mas ; Kuala Kurun, dll.

Kembali ke Muara Teweh yaa….

Kota ini sepertinya sangat amat suka dengan bundaran. Di setiap pertigaan dan perempatan selalu dibangun bundaran. Mulai dari Bundaran Bupati, Bundaran Buah, Bundaran Patung sementara baru itu aja deng….yaa..kalo menurut saya banyak, secara di Jawa mah paling satu aja di setiap kota. Selain dari manfaat adanya bundaran yang bisa meminimalisir pemasangan lampu lalu lintas dan dirasa lebih aman untuk para pengguna jalan, bundaran Muara Teweh dengan design-nya yang unik-unik justru dijadikan ciri khas tersendiri, yang mewakili simbol kabupaten dan mampu  menarik para narsisem untuk berfoto dan nongkrong di tengah bundaran, baik itu narsisem dalam dan luar kota/pendatang. Jadi keunikan tersendiri, dan sepertinya Pemerintah Kabupaten tau aja hal tersebut, jadi bundaran-bundaran itu saya lihat sih mendapatkan perhatian khusus terbukti dengan adanya pengecatan ulang tiap ada event.

ImageBUNDARAN AIR MANCUR/ BUNDARAN BUPATI

Image

BUNDARAN PATUNG

Image

BUNDARAN BUAH

Kemudian, mayoritas penduduk disini adalah asli Dayak Bakumpai, maka Bahasa Bakumpai adalah bahasa yang akan banyak kita dengar baik itu di pasar atau di pusat-pusat keramaian. Tapi jangan takut Suku Banjar pun banyak juga kok, dan pendatang dari Suku Jawa pun mulai banyak di kota ini malah denger-denger di radio lokal sudah ada paguyubannya yang dinamakan “Paguyuban Wong Jowo”. Jadi silahkan berbicara dalam Bahasa Indonesia saja….lebih aman bagi saya;)

2 thoughts on “KESAN PERTAMA KOTA MUARA TEWEH…

    • Perjalanan bisa via Palangkaraya dan bisa juga via Banjarmasin, setelah sampai di bandara, ada 2 cara yang bisa ditempuh. yang pertama bisa pesan penerbangan langsung ke Muara Teweh dengan pesawat lokal seperti susi air,,langsung menuju bandara beringin Muara Teweh, kira-kira bisa ditempuh 1-2 jam dari Palangkaraya atau Banjarmasin. atau pesan travel Palangkaraya – Muara Teweh/ Banjarmasin – Muara Teweh. ada banyak armada travel yang diberangkatkan dari 2 kota tersebut. Palangkaraya – Muara Teweh ditempuh kurang lebih 7 jam, sedangkan Banjarmasin – Muara Teweh ditempuh kurang lebih 10 jam. kalo saya lebih suka via banjarmasin, karena pilihan pesawatnya lebih banyak.
      saya infokan nomor travel yang bisa dihubungi : (yang biasa saya gunakan)
      Palangkaraya : Aria Travel : 08115204560
      Banjarmasin : Doa Ibu Travel : 08125004875
      travel-travel yang saya berikan tersebut, pemberangkatan sore hari sekitar jam 5-an mulai jemputan. bisa pesan dulu baru bayar. pemesanan langsung via telfon saja supaya lebih enak, dan saya sarankan untuk mem-booking travelnya dari jauh-jauh hari,,karena armada yang diberangkatkan tiap harinya terbatas.

      Semoga Bermanfaat.

Leave a Reply

