Belajar dari anak kecil,,,

Belajar dari anak kecil…

Hmm….terkadang karena kita merasa lebih tua, sering kita merasa lebih tinggi..mengabaikan ilmu dan pembelajaran yang bisa kita dapat dari seorang anak kecil, atau yang lebih muda…

Seperti kegagalan yang menimpa saya beberapa waktu lalu…satu hal yang bisa menyadarkan saya justru bukan dari teman-teman saya atau pun dari orang  tua saya…kesadaran itu karena apa yang diungkapkan adik saya sendiri…biasanya mereka mengungkapkannya bukan dengan gaya yang menggurui, tapi secara alamiah tanpa mereka sadari yang bisa kita maknai lebih dalam lagi….

Melewatkannya justru sering kita lakukan sebagai orang yang merasa lebih tua..padahal pembelajaran itu tidak memandang usia, bahkan bisa muncul dari siapa saja….bukan hanya dari perkataan yang bisa dimaknai lebih dalam tapi juga dari sikap keseharian…pembelajaran itu ada di sekitar kita…tinggal kita buka mata hati kita….

Kesimpulan ini sebenernya berawal dari suatu cerita…

Hmmm..baiklah begini ceritanya….

Ketika nonton acara anak-anak di channel Daai Tv –salah satu stasiun tv swasta milik yayasan budha tzu chi- kebetulan saya suka menonton acara-acara disini, karena acaranya lebih ringan, mengangkat cerita keseharian kita yang ternyata bisa menginspirasi dengan dialog pendek tapi bermakna…trus acara2nya juga lebih universal walopun ceritanya yayasan milik Budha ples pembawaan presenternya yang santun…-lo kok jadi promosi^_^-

Na…di acara itu itu, para peserta anak2 ditantang untuk menyebutkan salah satu sikap mandiri yang telah dilakukan keseharian mereka…hmm…dah pasti kebayang kan jawaban mereka,,,sekitar mandi sendiri, membereskan sendiri barang2 setelah dipakai..eit,tapi tidak semua jawaban seperti itu ada lo satu peserta yang jawabannya beda sendiri. Yaitu saya berusaha untuk pergi kemana2 sendiri…nah lo…pertanyaan saya mengapa dia ngambil jawapan yang itu yah….

Ternyata eh ternyata…

Alasannya adalah saya tidak mau membuang-buang waktu orang yang bersedia menemani saya…dengan begitu masing-masing dapat menggunakan waktunya dengan sebaik-baiknya….

Hmm…kalo menurut saya,,untuk seumuran itu, pemikirannya luar biasa…saya terkadang suka memaksakan orang untuk menemani saya pergi..karna takut inilah,itulah,dan lain sebagainya…padahal  justru itu membuat kita mengantungkan diri pada orang lain dan membuang-buang  waktu yang dia punya..kecuali kalo mungkin kita memiliki satu kepentingan yang sama…

Hmm….menginspirasi…

Jaddi…jangan pernah takut pergi sendirian -lo jaddi meng-advice diri sendiri..hehehe-

Justru yang saya rasakan, walopun kita kayak anak ilang kemana2 sendiri…tapi saya merasa lebih bisa membuka diri terhadap orang lain ketika saya sendiri -karna syapa lagi yang mau bantuin kita pas kita sendirian kecuali orang yang punya kepedulian kepada kita- makanya kita semua pasti berfikir harus peduli kepada orang lain supaya orang pun peduli kepada kita, tapiiii…niat kita jangan kayak gitu ya teman…karna kita akan banyak kecewa, kalo seperti itu…

karna in a fact, kita bisa peduli tapi belum tentu orang lain juga peduli..hmm…tulus aja…Lillaahita’ala…..

okay..okay….selamat bertualang sendirian……….

karna kita akan mempertanggungjawabkan segala sesuatunya pun…sendirian^_^

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s