My Spiritual Experience

ESQ LEADERSHIP BASIC TRAINING

(ESQ WAY 165)

Tanggal 29 – 30 November 2010

Auditorium STIS Jakarta, JL Otista No.64C Jaktim

Trainer : Taufan Jamal

ESQ Training yang saya ikuti untuk kedua kalinya…dan yang kedua ini yang sementara paling berkesan diantara Training ESQ yang saya ikuti. InsyaAlloh ke depan saya akan mengagendakan diri untuk mengikuti acara serupa…bahkan mungkin mengikuti lanjutannya.

Kesannya menurut saya sangat luar biasa. Saya tersadarkan ternyata  banyak hal  kosong dalam aktifitas hidup keseharian kita..ternyata selama ini aktifitas ibadah yang saya lakukan hanya dianggap sekedar rutinitas, kewajiban, serta keharusan tak berjiwa…

Banyak cerita, banyak kisah yang saya ketahui tanpa pemahaman, tanpa perasaan, dan tanpa penjiwaan. Sehingga kisah-kisah tersebut bernasib seperti pengantar cerita sebelum tidur saja. Tapi disini,,kami dibawa masuk pada cerita..dibawa merasa pada setiap kisah yang terjadi, dibawa menjadi bagian dari kisah itu sendiri. Tentu ini semua memang subjektif tapi kurang lebih itulah yang saya rasakan ketika itu.

Contohnya saja adalah: kisah Nabi Ibrahim a.s dan Nabi Ismail a.s. kisah ini adalah kisah yang sangat bosan saya mendengarkannya bila tiba Hari Raya Idul Adha. Sudah pasti selalu disebut-sebut dan diulang-ulang paada setiap khutbahnya. Tapi ternyata hari itu saya mendapatkan kisah yang sama dengan penerimaan yang berbeda. Faktanya adalah ternyata saya tidak tahu apa makna dibalik itu semua, atau singkatnya  banyak hal yang ternyata saya tidak tahu apa-apa.

Ternyata kisah itu mengajarkan kami arti penghambaan…ya..penghambaan yang sebenar-benarnya. Kemudian tentang bagaimana memposisikan Nabi Besar Muhammad SAW dalam hati kita. Kisah – kisah beliau sudah saya ketahui dan bahkan banyak yang sudah saya dengar, dan selama ini pun saya merasa bahwa saya sudah memposisikan Rasululloh sebagaimana mestinya, tapi ternyata jauh…jauuuuh sekali, semua itu belum ada apa-apanya. insyaAlloh kini saya mengerti dan mulai memahami.

Kemudian lagi yang saya anggap fatal, Banyak pengucapan lafal puji-pujian yang tanpa ruh, ataupun yang tidak pada tempatnya…tapi ternyata bila kita mampu memahami lebih dalam,,puji-pujian itu ternyata bukan puji-pujian biasa…begitu agung, begitu dahsyat..bukan tanpa alasan dan bukan tanpa nilai…saya heran,,kemana saja saya selama ini…

22 tahun saya diberi kesempatan hidup, akirnya saya tahu tujuan hidup saya secara lebih jelas. Penjelasan islam, iman, ikhsan yang ditranslate ke bahasa IQ, EQ, dan SQ justru memberikan banyak hal yang lebih berisi. Padahal konsep islam, iman dan ikhsan itu sendiri merupakan pelajaran pertama yang sudah saya dapatkan bahkan ketika saya kecil,,juga nama- nama Agung Alloh (Asmaul Husna)  yang dari kecil sampai sekarang saya masih hafal. Tapi arti dan esensinya ternyata baru saya dapatkan untuk pertama kalinya.

Luar biasa..ide ESQ ini begitu luar biasa. Begitu sederhana, berlandaskan pada Al-Quran dan Al-Hadits yang luasnya luar biasa. Dan saya pikir, Indonesia memang sangat membutuhkan penyadaran – penyadaran seperti ini. Karena ini menjawab, mengapa Indonesia tidak menjadi bangsa yang maju mengingat justru penganut agama Islam merupakan mayoritas penduduknya.

Karena menurut saya, banyak sekali yang tidak mengenal Tuhannya, tidak memahami kitab sucinya, dan tidak mau menjiwai sejarahnya. Dan saya pun masuk menjadi salah satunya. Sedih memang, tapi inilah faktanya.

Tapi satu hal yang saya takutkan adalah, pemahaman luar bisa yang saya dapatkan, semangat luar biasa yang timbul menyala-nyala. Saya takut hanya sesaat saya bisa merasakannya. Padahal saya ingin, ini merupakan titik balik kehidupan saya untuk lebih menjadikan hidup saya lebih berkualitas dan berjiwa. Mudah-mudahan Alloh SWT senantiasa menjaganya dan memberikan rasa yang luar biasa ini terus dan terus untuk selamanya. Amin.

Leave a Reply

